Jumat, 28 November 2014

KEGIATAN PAGI PRA BELAJAR

KEGIATAN PRA BELAJAR 



Hampir semua ahli telah mencoba merumuskan dan membuat tafsirannya tentang “ belajar “. Seringkali pula perumusan dan tafsiran itu berbeda satu sama lain: Belajar adalah modifikasi atau memperteguh kelakuan melalui pengalaman (learning is definied    as  the modification or strengthening of behavior through experiencing ).  
Sejalan dengan perumusan di atas, ada pula tafsiran lain tentang belajar yang menyatakan, bahwa belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku individu melalui interaksi dengan lingkungan.
Untuk menambah pegalaman siswa, perlu kiranya diberikan pembelajaran khusus sebelum melakukan proses belajar mengajar di kelas dengan kegiatan pengembangan sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan tambahan yang dilekukan di MTsN Lubuk Mukti pada pagi menjelang pelajaran kurikuler meliputi:
  • Kegiatan sarapan pagi
Sepintas kegiatan ini seperti kegiatan fisik (makan) namun ternyata isi kegiatan itu adalah sarapan rohani berupa pidato 3 bahasa (Indonesia, Arab dan Inggris), walaupun kadang kala materi/isinya masih belum memadai, namun harus tetap dilaksanakan dan terus ditingkatkan
  • Shalat Duha Bersama
Shalat duha bertujuan untuk melatih siswa agar senantiasa bermohon kepada Alloh, Swt. agar cita-cita yang diinginkan dikabulkan oleh Alloh, Swt. Shalat duha dilaksanakan bersama-sama untuk menjalin rasa kebersamaan/jamaah sehingga rasa kebersamaan sesama siswa terjalin dan terjaga.
  • Tahlil/wirid bersama
Untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan di masarakat, sesuai kebiasaan yang dilakukan oleh masyarakat setempat kegiatan tahlil dan yasinan pada setiap malam Jum'at, maka perlu kiranya siswa MTsN Lubuk Mukti untuk berlatih memimpin yasin/tadarus dan tahlil sehingga pada saat dibutuhkan seorang imam tahlil dan yasinan siswa MTsN Lubuk Mukti mampu untuk memimpinnya.

written by: Muhsinun, M.Pd.I
Editor      : Muhsinun, M.Pd.I 


 

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya