Rabu, 03 Desember 2014

PRAMUKA MTsN LUBUK MUKTI


ARTIKEL PRAMUKA

Salam Pramuka…….

          Gerakan Pramuka adalah organisasi nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang di laksanakan secara rutin di lembaga formal seperti di sekolah.  Kata “Pramuka” merupakan singkatan dari Praja Muda karana.  Yang memiliki arti orang muda yang suka berkarya.


Sedangkan yang di maksud dengan “Kepramukaan” adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik, ,sehat, teratur, terarah praktis yang di lakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan, yang sasaran akhirnya membentuk watak, akhlak dan budi pekerti luhur. Kepramukaan adalah sistim pendidikan kepanduan yang sesuai dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan masyarakan dan bangsa Indonesia.

Gerakan pramuka GUDEP ( Gugus Depan 08-149/08-150) memiliki tujuan yang luhur antara lain:
  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa,berakhlak mulia, berjiwa patriot,taat hukum,disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa
  2. Menjadi warga Negara berjiwa pancasila, setia dan patuh kepada Negara kesatuan republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang  baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa dan Negara.

       Gerakan Pramuka Penggalang MTsN Lubuk Mukti  adalah sebuah wadah untuk menciptakan jiwa muda yang suka memberikan karya nyata untuk mewujudkan cita-cita bersama.

Madrasah Tsanawiyah Negeri Lubuk Mukti telah melaksanakan kegiatan ektrakurikuler  pramuka yang di  lakukan di sekolah dalam hal ini kegiatannya dilakukan satu kali dalam seminggu yaitu setiap jum’at sore. Setiap kali latihan adik-adik pramuka diberi materi kepramukaan seperti: sejarah pramuka, simapure, kompas, sandi atau morse, pioneering, menaksir, PBB dan lain-lain. dan untuk meningkatkan pengetahuan setiap anggota pramuka  serta untuk mengetahui sejauh mana adik-adik memahami materi kepramukaan maka di adakan “perkemahan” yang didalamnya setiap Pembina di beri tugas untuk memperdalam matari tepram sekali gus mengevaluasi adik-adik guna melihat sejauh mana kemampuan yang adik-adik dapat. Kegiatan perkemahan tersebut juga di gunakan  untuk mempererat silaturrahmi antara sesama  anggota pramuka.


        Pramuka MTsN Lubuk Mukti berjalan seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan dari pramuka itu sendiri dan sampai saat ini pramuka MTsN Lubuk Mukti berkomitmen untuk menjadi yang terbaik dan Alhamdulillah gudep 08-149/08-150 telah memiliki anggota tetap sebanya 150 orang yang terdiri dari 10 regu dan setiap regunya berjumlah 15 orang anggota.

Regu-regu pramuka MtsN Lubuk Mukti antara lain :
  1. Regu reflesia 
  2.  Regu kamboja  
  3. Regu Melati  
  4.  Regu tulip 
  5.  Regu Teratai  
  6. Regu Garuda   
  7. Regu Singa
  8. Regu Kalajengking
  9. Regu Kobra
  10. Regu Tungau
          Alhamdulilah Gugus Depan 08-149/08-150 pada ajang Jamran atau Jambore Ranting yang di selenggarakan oleh Pengurus gerakan pramuka Kwartir Ranting Penarik pada tanggal 12–15 Agustus 2014 dapat menorah prestasi yang membanggakan karena  adik-adik dapat membuktikan bahwa mereka bisa bersaing dengan sekolah-sekolah setingkat yang ada di kecamatan Penarik  serta membawa 2 tropi sekali gus.


           Prestasi yang telah di peroleh pada ajang Jambore Ranting kecamatan penarik adalah: 
  1. Juara umum 2 penggalang putrid tingkat kecamatan 
  2. Juara umum harapan 1 tingkat penggalang


       Sekilas Album Kegiatan Kepramukaan Gugus Depan 08-149/08-150 aamtsN Lubuk Mukti  20014



Setiap anggota pramuka bertanggung jawab atas apa yang di berikan kepadanya tanpa  mengurangi sedikitpun dari rasa kebersamaannya.
Majulah pramukaku  jadilah engkau sebagai penegak disiplin demi berlangsungnya pembangunan manusia Indonesia ke depan.

Semoga Alloh swt. Memberikan  rahmat taufik dan hidayahnya untuk kita semuanya. Amin ya Robbal alamin.


Salam Pramuka….

written by: Ade Putra,  S. Pd. I  
Editor     : Muhsinun,  M. Pd.I 


2 komentar:

semoga lebih sukses,,,dari sebelum nya

Amiiin, Atas do'a kalian Mudah-mudahan Sukses

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya