Senin, 07 November 2016

EXSPRESI SAMBUT SUMPAH PEMUDA


SAMBUT DAN MERIAHKAN HARI SUMPAH PEMUDA, MTsN 2 MUKOMUKO GELAR KEGIATAN EKSPRESI (EKSPOSE KREATIVITAS DAN PRESTASI SISWA) TAHUN AJARAN 2016/2017
             Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Sumpah Pemuda, MTsN 2 Mukomuko menggelar berbagai kegiatan lomba yang bertujuan untuk mengasah kreatifitas dan menyalurkan bakat siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan yang dinamakan EKSPRESI ( Ekspose Kreativitas dan Prestasi Siswa) kali ini mengusung tema, “ Membangun Kepribadian Siswa yang Berani Tampil dengan Rasa Percaya Diri Tunjukkan Bakat dan Prestasi”. Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa madrasah dari 18 kelas itu dihadiri oleh para tamu undangan dari berbagai instansi di antaranya: Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. H. Ali Muda, Kapolsek Kecamatan Penarik, Camat Penarik, KUA Penarik, Kades Wonosobo, beberapa kepala sekolah di lingkungan penarik dan komite serta tokoh masyarakat.
            Upacara pembukaan kegiatan EKSPRESI dilaksanakan di lapangan MTsN 2 Mukomuko pukul 09.00 WIB dan akan dilaksanakan selama dua hari, 27-28 Oktober 2016. Disampaikan lebih jauh lagi laporan kegiatan EKSPRESI 2016 oleh Kepala Madrasah, Muhsinun, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal diantaranya dasar yang menjadi acuan diadakannya kegiatan tersebut, waktu pelaksanaan, lokasi, jenis cabang lomba dan lainnya. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh pihak kepolisian sektor Penarik yang mengapresiasi setinggi-tingginya kegiatan tersebut dan berpesan kepada para siswa untuk menjauhi narkoba serta mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dengan bijak. Adapun sambutan inti disampaikan oleh Kepala Kemenag yang dalam hal ini disampaikan oleh Drs. H. Ali Muda. Beliau berpesan kepada para siswa agar belajarnya tetap semangat. Hal tersebut sesuai dengan dengan pesan yang diamanatkan oleh Kepala Kemenag Kabupaten Mukomuko yang saat itu berhalangan hadir.
“Ingat masa depan. Karena kalau kita belajarnya semangat dan ingat masa depan maka dengan sendirinya kita akan membidangi diri dengan ilmu pengetahuan. Kalau kita sudah berilmu, dimanapun kita nanti dibuang (berada) akan dicari orang,” tuturnya menambahkan. Usai memberikan sambutan, Drs. H. Ali Muda membuka secara resmi kegiatan EKSPRESI MTsN Mukomuko ditandai dengan pemukulan gong.
Sesuai instruksi yang telah disampaikan panitia, para peserta dari kelas masing-masing memasuki lokasi lomba sesuai cabangnya setelah upacara pembukaan selesai dilaksanakan. Tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, cabang lomba yang diadakan kali ini di antaranya: Bulu tangkis, tenis meja, atletik (lari 100 dan 400 m), cipta cerpen, cipta puisi, baca puisi, pidato bahasa Arab, MTQ, kaligrafi, tahfidz, LCT, mading, dan kebersihan kelas.
Semua cabang lomba selesai dilaksanakan pukul 17.00 WIB. Pembacaan nama-nama pemenang dan penyerahan piala dilaksanakan pada hari Jum’at setelah kegiatan Ekspresi resmi ditutup oleh Muhsinun, M.Pd.I selaku kepala madrasah. Pada hari yang sama pula di lapangan utama MTsN 2 Mukomuko dilangsungkan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Adapun yang berhasil meraih juara umum pada kegiatan Ekspose tahun ini dari kelas 8A. Hal itu dikarenakan kelas tersebut mendapat medali emas terbanyak di antara kelas yang lain. Juara 1 atletik (lari 100 m) putra diraih oleh Eko Sukmo, Juara 1 kaligrafi putra diraih oleh Rian, Juara 1 tenis meja single putra diraih oleh Khoirul Amin, dan juara 1 badiminton single putrid diraih oleh Nur Azizah. Wali kelas 8A, Muhtohar, S.Pd, mengaku bangga dan tidak menyangka kelas yang dikoordinirnya mampu mengantongi emas terbanyak dan dinobatkan sebagai juara umum.
Harapannya, semoga kegiatan ini sukses membentuk kepribadian siswa untuk lebih percaya diri dan mampu menghadirkan juara-juara baru pada kegiatan serupa yang akan diadakan tahun depan.
Ditulis oleh jurnalis madrasah: Muhtohar, S.Pd

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya