Rabu, 29 Agustus 2018

MTsN 2 Mukomuko Panen Sayur Kebun Madrasah


MTsN 2 Mukomuko Panen Perdana Sayur Hasil Kebun MadrasahSejumlah siswa didampingi guru melaksanakan kegiatan panen sayur kangkung di kebun Madrasah, Senin (09/04/2018). Panen ini merupakan panen perdana hasil kerja sama siswa dan koordinator tim Adiwiyata Madrasah yang kurang lebih sebulan lalu menanam berbagai jenis sayuran di kebun Madrasah. Sebelum melakukan pemanenan, Ade Putra dan Tintin Rahmawati, dua guru yang menjadi koordinator tim Adiwiyata Madrasah memantau kondisi tanaman yang akan dipanen. Setelah memastikan dan menyeleksi usia sayuran yang sudah layak panen, kemudian sejumlah perwakilan siswa langsung terjun ke lahan dan berhasil mengumpulkan 18 ikat kangkung dan hasilnya bisa dinikmati oleh siswa dan dewan guru.


Adapun lahan yang dijadikan lokasi penanaman sayuran seluas 5x5 meter. Meskipun tidak terlalu luas, namun hal itu tidak menyurutkan siswa dan guru pendamping untuk memanfaatkan lahan yang terbatas itu. Siswa secara terjadwal bergantian merawat dan memberi pupuk organik.
Banyak hal positif yang bisa diharapkan dari kegiatan ini bagi para siswa. Diantaranya adalah menumbuhkan sikap cinta lingkungan sebagai langkah awal untuk turut serta menyukseskan Madrasah yang berwawasan lingkungan sejalan dengan tujuan sekolah Adiwiyata.