Kamis, 22 September 2016

DIKLAT LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) OSIM PERIODE 2016/2017

TANAMKAN NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN
MTsN 2 MUKOMUKO GELAR DIKLAT LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK) OSIM PERIODE 2016/2017
Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta kepribadian peserta didik sebagai calon pemimpin dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi kepemimpinannya dalam OSIM dengan baik, MTsN 2 Mukomuko melalui bidang kesiswaan menggelar kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2016/2017. Kegiatan yang dihadiri 90 peserta pengurus OSIM periode 2016/2017 itu dilaksanakan selama 2 hari, hari Rabu dan Kamis. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pada kegiatan kali ini panitia mengangkat tema, “Membangun Kepribadian Kepemimpinan Yang Berkualitas Agamis dan Akademis Serta Memahami Fungsi Dan Peran Dalam Kehidupan Berorganisasi”. Tepat pada pukul 09.00 WIB kegiatan tersebut dimulai. Dini Wahdati selaku pembawa acara dengan penuh percaya diri membaca dan memandu jalannya acara


Adapun rangkaian acara beserta petugasnya adalah sebagai berikut: Do’a dipimpin oleh Adi Juliarto, Tilawatil Qur’an dikumandangkan oleh David Imam Ghozali, Sholawat Nabi dipandu oleh Wulida dan Tika Safitri, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Madrasah dipandu oleh Aulia. Sedangkan untuk sambutan-sambutannya yang pertama adalah sambutan dari ketua panitia yang dalam hal ini disampaikan oleh M. Syafrizal, S.Pd. sambutan yang kedua oleh Rizki Nurul Adawiyah selaku perwakilan ketua OSIM periode 2015/2016. Sambutan yang ketiga dari Ka. Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko Yang diwakili oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kabupaten Mukomuko, yang dalam hal ini disampaikan oleh Drs. Syukron, M.Pd. Dalam sembutannya beliau menyampaikan beberapa pesan kepada pengurus OSIM yang baru untuk menjalankan amanat tersebut dengan baik. Setelah mengakhiri sambutannya, beliau didampingi kepala madrasah dipersilakan oleh panitia untuk menyematkan tanda peserta kepada dua perwakilan siswa sekaligus menandakan dibuka dan dimulainya kegiatan tersebut.
Dilanjutkan sambutan berikutnya yaitu dari kepala madrasah, Muhsinun, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk dukungan pihak madrasah kepada pengurus OSIM yang baru agar kedepannya bisa turut berpartisipasi memajukan madrasah lewat program-program yang bermanfaat. Maka dari itu, beliau berpesan agar para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius dan bersungguh-sungguh. Usai menyampaikan sambutannya, kepala madrasah kemudian melantik ketua dan anggota OSIM terpilih dilanjutkan dengan serah terima jabatan dari ketua OSIM periode 2015/2016, Rizki Nurul Adawiyah kepada Edi Sutrisno selaku ketua OSIM terpilih periode 2016/2017. 
Tampak hadir pula pada kegiatan tersebut dua narasumber yang akan mengisi materi tentang kepemimpinan yaitu Yanto, S.Pd., MM, dan struktur dan fungsi OSIM oleh Nur Hayati, S.Pd. Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari tersebut adalah pemberian materi untuk hari pertama sampai pukul 16.30 WIB dan untuk hari kedua adalah kegiatan outbond di sekitar Lapangan Desa Wonosobo. Maksud diadakannya outbond adalah untuk melatih fisik, kekompakan, dan kerja sama peserta didik. Jenis-jenis game dalam kegiatan outbond tersebut di antaranya flying fox, jaring laba-laba dan meniti tali. 
Tiba waktu dzuhur, satu-persatu peserta berhasil melewati setiap pos yang disediakan dengan penuh semangat dan berani, bahkan sampai ada yang mencoba dua kali di salah satu pos yang mereka sukai dengan tetap mengutamakan keamanan dan diawasi oleh guru-guru yang bertindak sebagai panitia. Setelah dirasa cukup, akhirnya kepala madrasah secara resmi menutup kegiatan tersebut. Sebelum kembali ke madrasah tercinta, para peserta menyempatkan diri untuk saling bertukar kado yang telah mereka bawa sebelumnya. Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik antar berbagai pihak, kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan OSIM tahun pelajaran 2016/2017 berlangsung sukses.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya