Senin, 03 Oktober 2016

PERSAMI MTsN 2 MUKOMUKO 2016



MTsN 02 MUKOMUKO GELAR PERKEMAHAN SABTU-MINGGU (PERSAMI)
TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Setelah minggu lalu sukses mengadakan diklat Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) OSIM periode 2016-2017, MTsN 2 Mukomuko sebagai lembaga penyelenggara pendidikan yang tidak hanya mengedepankan aspek intelektual, kembali mengadakan kegiatan yang berfungsi untuk membantu menumbuhkembangkan potensi dasar yang dimiliki oleh peserta didik dalam aspek sikap dan keterampilan motorik. Sadar akan pentingnya hal tersebut, Gugus Depan (Gudep) MTsN 02 Mukomuko melalui bidang kesiswaan menggelar kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di lapangan madrasah. Kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 100 peserta didik kelas 7 dan 8 itu dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2016. 
Kepala madrasah, Muhsinun, M.Pd.I, dalam sambutannya ketika upacara pembukaan Persami mengharapkan kegiatan-kegiatan semacam ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh peserta didik untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. “Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman kepada peserta didik tentang bagaimana hidup mandiri, cerdas dan berbudi sesuai dengan tema kita,” kata beliau menambahkan. Lihat Gambar Lainnya

Sekitar pukul 17.30 WIB upacara selesai dilaksanakan. Usai upacara pembukaan, para peserta Persami diperintahkan untuk kembali ke tenda / regu masing-masing untuk ISHOMA. Sedangkan Dewan Kerja Gugus MTsN 2 Mukomuko beserta kakak-kakak pembina yang diundang mengadakan rapat untuk kegiatan selanjutnya. Setelah ISHOMA, kegiatan demi kegiatan mulai dari lomba LCT, sandi morse dan lain-lainnya berlangsung dengan baik. Perlu diketahui bahwa kakak-kakak pembina yang diundang pihak madrasah baik dari Dewan Kerja Ranting (DKR) maupun Dewan Kerja Cabang (DKC) untuk membantu jalannya kegiatan Persami tersebut di antaranya: Kak David Setiawan , Kak Riadi, Kak Fuad, Kak Ponirin dan lainnya.
Setelah lomba dan uji keterampilan lainnya selesai dilaksanakan, kakak-kakak pembina mulai menyeleksi siswa-siswa yang akan diberi tugas untuk menyalakan api Dasa Dharma. Kemudian para siswa tersebut dilatih oleh kakak pembina tentang mekanisme upacara penyalaan api Dasa Dharma. Meskipun sempat diguyur hujan, namun berkat kerja sama yang apik, api unggun yang sudah lama-lama ditunggu akhirnya menyala juga. Para peserta Persami bersuka cita dan antusias menyaksikan nyala api yang berhasil menghangatkan malam Persami yang bertepatan dengan malam Tahun Baru Islam ke 1438 H. Dengan diterangi api yang menyala-nyala, lomba yel-yel yang sudah direncanakan sebelumnya akhirnya dilaksanakan. Masing-masing regu menampilkan yel-yel terbaiknya hingga larut malam. Karena waktu sudah malam, kondisi fisik mulai lelah dan tidak memungkinkan lagi untuk melanjutkan pentas seni, sesuai instruksi dari kakak pembina para peserta kembali ke tenda masing-masing untuk istirahat. Menjelang Shubuh, sekitar pukul 04.00 WIB, Ade Putra, S.Pd.I selaku kakak pembina Dewan Kerja Gudep Madrasah membangunkan mereka kembali untuk mengadakan renungan malam. Usai renungan malam, para peserta Persami diinstruksikan untuk melaksanakan sholat Shubuh kemudian dilanjutkan dengan senam pagi.
Hari kedua Persami dihadapi oleh para peserta dengan semangat. Usai senam pagi mereka istirahat dan sarapan setelah mereka menerima pengumuman mengenai rangkaian acara yang akan dilaksanakan hari itu. Adapun kegiatan tersebut di antaranya lomba Latihan Khusus Baris Berbaris (LKBB), Lomba Tapak Tenda dan Lomba Masakan Nusantara. Sedangkan untuk lomba-lomba yang umum diadakan seperti Pioneering, Morse, Semaphore, Halang Rintang dan lain-lain tersebar di pos-pos tertentu saat acara hicking (jelajah alam) dilakukan
Keseluruhan acara di hari kedua selesai pada pukul 13.00 WIB. Setelah ISHOMA, para peserta Persami mulai berkemas dan membongkar tenda regu masing-masing. Lalu, upacara penutupan pun segera dimulai. Tampak hadir pula dari pihak kepolisian, Kak Wan Shidik. Sedangkan yang bertindak sebagai pembina adalah Kak Riadi. Tidak jauh berbeda dengan amanat kepala madrasah, Kak Riadi juga berpesan kepada para peserta Persami untuk bisa menerapkan ilmu-ilmu kemandirian yang sudah didapat selama Persami. Di penghujung acara, kakak pembina mengumumkan regu-regu yang berpretasi. Regu-regu tersebut yaitu: Regu Asther sebagai juara umum 1, Teratai juara umum 2 dan Pikachu juara umum 3. Acara kemudian diakhiri dengan saling bersalam-salaman antara kakak pembina dengan peserta Persami diiringi lagu Sayonara. Alhasil, mereka membawa pulang sejuta cerita yang akan terkenang sepanjang masa. Salam Pramuka!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya