Rabu, 02 Maret 2016

SELEKSI PPMN MUKOMUKO


"MTsN Lubuk Mukti Tuan Rumah Seleksi Peserta PPMN 2016 Kabupaten Mukomuko". Setelah sukses menjadi tuan rumah kegiatan Ajang Kompetensi Seni dan Olahraga Madrasah (AKSIOMA) Kabupaten Mukomuko tahun 2015 lalu, pada tahun ini MTsN Lubuk Mukti kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah kegiatan seleksi Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) wilayah Kabupaten Mukomuko. Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) merupakan wujud dari dukungan Direktorat Pendidikan Madrasah  untuk merevitalisai gerakan pramuka Indonesia yang mana pendidikan kepramukaan memang dipandang mampu membentuk character building (pembangun karakter) bagi anak-anak muda generasi penerus bangsa.

Tahun lalu, sasaran kegiatan PPMN ini adalah siswa-siswi Madrasah Aliyah (pramuka golongan penegak) baik Negeri maupun Swasta. Sedangkan tahun ini, peserta yang akan diseleksi khusus tingkat Madrasah Tsanawiyah. Dari 10 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang sudah mengikuti kegiatan serupa, Mukomuko adalah kabupaten terakhir yang melaksanakan kegiatan seleksi peserta PPMN ini.
Kegiatan yang dilaksanakan pada Hari Kamis tanggal 18 Februari 2016 ini mengusung tema: “Melalui Seleksi Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) Se-Provinsi Bengkulu Tahun 2016, Kita Bentuk Pramuka yang Berbakat Agama, Hidup Rukun, Aman dan Indah.” Acara tersebut dihadiri oleh Drs. Hamdani, M.Pd selaku Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementrian Agama Provinsi Bengkulu, Drs. Syukran, M.Pd selaku Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mukomuko, para kepala sekolah MTs Negeri maupun Swasta, kakak-kakak pembina serta guru yang bertindak sebagai pendamping peserta seleksi PPMN dari sekolah mereka yang masing-masing mengirimkan maksimal 10 peserta.
Setelah kepala sekolah dan warga madrasah menyambut kedatangan para tamu undangan, kemudian kegiatan tersebut dimulai dengan upacara pembukaan yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB, bertempat di lapangan MTsN Lubuk Mukti. Adapun yang bertindak sebagai pembina sekaligus yang membuka secara resmi kegiatan tersebut adalah Drs. Hamdani, M.Pd, sedangkan yang yang ditugaskan menjadi komandan (pratami) upacara adalah siswi MTsN Lubuk Mukti, Lulu Azizah.
Dalam amanatnya, pembina upacara menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan PPMN tahun 2016 ini. Selain itu, beliau juga menyampaikan alasan pentingnya pramuka untuk dijadikan ekstrakurikuler wajib mengingat pendidikan kepramukaan sejalan dengan esensi kurikulum 2013 yang sudah diaplikasikan di madrasah-madrasah. Sebab, nilai-nilai kepramukaan seperti kedisiplinan, pratiotisme, gotong royong, kemadirian, dan kepekaan sosial memang sangat penting untuk diberikan kepada para siswa untuk menyiapkan mereka menjadi generasi penerus yang tangguh.
Kepala Sekolah MTsN Lubuk Mukti, Muhsinun, M.Pd.I, juga melaporkan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 11 MTs Negeri maupun Swasta se-Kabupaten Mukomuko. Di antaranya adalah MTsN Ipuh, MTsN Bumi Mulya, MTsN Sumber Makmur, MTs Al-Iman, MTs Darul Amal dan MTs lainnya. Setelah kegiatan PPMN resmi dibuka dan upacara pembukaan sudah dilaksanakan, para peserta seleksi diminta untuk mendaftar dan mengisi identitas diri. Kemudian mereka harus mengikuti dan menyelesaikan beberapa jenis kegiatan yang akan dinilai. Jenis kegiatan itu tersebar di beberapa pos yang sudah disiapkan tim seleksi, ada yang di ruang kelas dan ada pula yang di lapangan. Adapun jenis kegiatan yang dinilai di antaranya adalah lomba Keagamaan, LBB, Pionering, Yel-yel dan lomba keterampilan lainnya. Saat kegiatan berlangsung, para peserta seleksi tampak bersemangat meski terik matahari sangat menyengat kulit. “Gembira, senang. Kami dapat pengalaman baru,” ujar Gufron Fawaid, salah satu peserta perwakilan dari MTsN Sumber Makmur saat diwawancarai mengenai kesan saat mengikuti kegiatan tersebut. Gufron juga mengatakan bahwa untuk persiapan mengikuti kegiatan PPMN itu, ia beserta teman-temannya menyediakan waktu kurang lebih satu minggu untuk berlatih.
Adzan Dzuhur menggema di tengah-tengah kegiatan yang sedang berlangsung. Sejurus kemudian, tim seleksi menginformasikan kepada seluruh peserta untuk istirahat dan acara dilanjutkan sekitar pukul 13:30 WIB mengingat masih ada beberapa cabang lomba yang belum diikuti oleh kelompok peserta seleksi dari madrasah-madrasah tertentu. Kegiatan berlangsung tanpa ada kendala yang berarti, satu persatu madrasah terlihat sudah selesai mengikuti setiap tes / jenis lomba yang tersedia. Semua kelompok peserta seleksi dari setiap madrasah baru benar-benar selesai mengikuti tes saat sudah memasuki waktu maghrib. Kemudian kegiatan PPMN dilanjutkan dengan upacara penutupan yang dilaksanakan pada pukul 18.35 WIB. Salah satu senior tim seleksi dari Provinsi Bengkulu yang bertindak sebagai pembina. Dalam amanatnya, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada MTsN Lubuk Mukti yang sudah bersungguh-sungguh menjadi tuan rumah. Selain itu, mewakili isi hati rekan-rekan tim seleksi, beliau juga memohon maaf kepada seluruh peserta dan semua yang hadir dalam kegiatan itu apabila ada sikap yang kurang berkenan. Pada upacara penutupan itu, pembina juga berpesan kepada kakak-kakak pembina untuk lebih giat lagi melatih para peserta terutama dalam hal keterampilan tali temali (pionering), karena tim seleksi masih menjumpai para peserta yang masih bingung membedakan mana tali ikatan dan mana tali simpul. Dalam bidang keagamaan, tim seleksi juga masih mendapati salah satu kelompok peserta seleksi dari sekolah tertentu yang masih belum menguasai niat dan tata cara bersuci.
Adapun hasil dari seleksi peserta PPMN ini baru akan diumumkan akhir Februari. Tim seleksi akan merekrut 32 peserta yang terdiri 16 putra dan 16 putri untuk kemudian dikirim ke Bengkulu. Setelah terpilih, nantinya para peserta akan menjalani masa karantina selama waktu yang telah ditentukan untuk menjalani proses pendidikan dan penyeleksian kembali siapa-siapa saja yang dinilai cakap untuk mengikuti kegiatan PPMN mewakili Provinsi Bengkulu. 


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda untuk perbaikan bog dan isinya